Mengenal Jenis Iklan Di Internet - Blogger Gede

Blogger Gede

Informasi Media Online Blogger Indonesia

We Heart Bitcoin

Terbaru

Buy Now
Banner

Wednesday, December 20, 2017

Mengenal Jenis Iklan Di Internet


Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kalian sering mendengar atau melihat pesan promosi barang atau jasa, contohnya ketika kalian sedang menonton televisi, mendengarkan radio atau melihat banner yang di pasang di pinggir jalan. Di dunia internet juga tidak jauh berbeda dengan kehidupan kalian sehari-hari, contohnya ketika kalian sedang menonton/memutar youtube sebelum pemutaran video yang kalian sedang lihat biasanya di awal, tengah atau akhir pemutaran video muncul iklan, atau mungkin ketika kalian sedang mencari referensi tugas sekolah/kuliah di tampilan blog/website (www.bloggergede.com) yang kalian kunjungi ada tampilan gambar banner iklan ataupun teks.

Tulisan kali ini Blogger gede akan membahas tentang jenis iklan yang berada di internet, untuk mempersingkat tulisan ini simak beberapa jenis iklan yang ada di internet.

1. Direct Advertising
Di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.

Analisa:
Media yang sering jadikan iklan jenis Direct Adv adalah di blog (www.bloggergede.com). Untuk pemasangan iklan tidak sembarangan, tidak semua yang punya blog (www.bloggergede.com) hanya blog (www.bloggergede.com) yang menyediakan layanan iklan dengan terafik rank cukup tinggi, artinya blog (www.bloggergede.com) tersebut bisa dipercaya penyedia jasa iklan dan cukup populer atau sering banyak dilihat pengunjung.

Format iklan jenis Direct Adv ini biasanya iklan teks dan iklan gambar / banner.
Adapun kontrak antara pemasang iklan dan pemilik media, orang yang akan memasang iklan tinggal menyepakati sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan si pemilik media (blog) (www.bloggergede.com).

Kekurangannya
Kekurangannya ada pada ukuran iklan gambar/banner yang akan di tampilkan sesuai dengan kontrak harga, jika ukuran banner kita kecil dari iklan banner orang lain kemungkinan iklan banner kita tidak dilirik, untuk menampilkan iklan banner dengan ukuran besar membutuhkan biaya cukup besar juga.

Kelebihan
Kelebihan dari jenis iklan direct advertorial ini cukup praktis hanya dengan memajang iklan sesuai yang kita inginkan atau bisa menyesuaikan pada target konsumen agar lebih efektif seperti menempatkan iklan jual kaos football pada situs/blog (www.bloggergede.com) komunitas pecinta bola dan jika kita memasang iklan dalam situs web atau blog (www.bloggergede.com) penyedia jasa iklan yang trafiknya tinggi atau selalu banyak pengunjungnya, kemungkinan besar iklan kita juga banyak pengunjunga yang melihatnya.

2. Self-service Advertising
Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords.

Analisa
Biasanya jenis iklan ini kita bisa lihat di berbagai situs penyedia layanan iklan. Salah satu situs terbesar seperti situs mesin pencari yaitu Google dan pempunyai program layanan iklan yaitu Google AdWord. Layanan iklan yang ditawarkan bisa berupa bentuk teks, gambar maupun video. Secara umum iklan jenis ini bisa kita lihat ketika kita mengetikan kalimat pada mesin pencarian Google, itu bisa langsung muncul iklannya ada di barisan sebelah kanan sesuai keyword yang kita ketik tadi.

Kekurangan
Pada kendala pembuat iklan, dibutuhkan keahlian khusus sesuai program situs penyedia iklan tersebut karena untuk menggunakan fasilitas iklan kitalah sebagai pemilik iklan yang mengelolanya dan juga dibuthkan kreatifitas pada konten maupun penempatan agar menarik perhatian konsumen. Jenis iklan ini kurang efektif karena tidak mentargetkan pada konsumen secara khusus sehingga dibutuhkan kalimat pengetikan yang tepat sebagai kata kunci pada mesin pencari google karena secara umum akan muncul banyak para pesaing yang lain juga yang menawarkan iklan yang sama.

Kelebihan
Dalam memasaang iklan kita bisa lebih leluasa mengatur sesuai keinginan baik isi kontennya maupun posisi tataletak, semua diatur oleh si pemasang iklan sendiri. Membayar iklan hanya ketika ada konsumen yang mengklik iklan kita, lain halnya seperti iklan tayang di Televisi harus bayar per detik padahal semua orang belum tentu melihatnya.

4. Contextual Advertising
Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.

Analisis
Iklan jenis ini hanya ditampilkan pada pengunjung yang benar-benar tertarik dengan produk atau jasa yang di iklankan, jadi hasil promosi kalian lebih terarah sesuai target yang dikehendaki.

Maksudnya iklan kita akan di respon hanya pengunjung yang tertarik saja, sehingga penempatan iklan juga harus di publish yang strategis seperti pada situs web dengan trafik rank cukup tinggi.sistem pembayaran yaitu apabila ada pengunjung yang meng-klik iklan kita.

Kekurangan
Karena dipilih secara otomatis oleh sistem, sehingga pasar konsumen tidak bisa ditentukan oleh pemasang iklan. Dalam bentuk ini, Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.

Kelebihan
kelebihan yang dimiliki oleh iklan ini posisi iklan sudah otomatis dipilih oleh sistem yang tepat sesuai produk yang dipromosikan, sehingga pengguna internet atau konsumen yang akan bergabung akan lebih banyak melihat iklan tersebut.  Pembayaran iklan murah karena diambil hitungan per klik dai para pengunjung. Contoh pembayaran misalkan per klik harganya Rp.500 Jika kita hanya mempunyai dana untuk Iklan sebesar Rp. 100.000 saja, maka Iklan kita sudah dapat 200 kali klik oleh para pengunjung. Cukup lumayan murah dan efisien.

5. In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad.

Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.

Kekurangan:
sasaran pasar tidak bisa diprediksi oleh perusahaan pemasang iklan.

Kelebihan:
Link situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna.

6. Ad Network Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild

Kekurangan:
Perusahaan kecil tidak dapat menggunakan bentuk iklan ini, dan tidak semua level produk yang diiklankan dapat menggunakan bentuk iklan ini.

Kelebihan:
Persaingan dalam mempromosikan iklan lebih mudah jika visual dari iklan baik. Dan mendapat efek positif terhadap persaingan iklan.

7. Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog (www.bloggergede.com) serta situs web (www.bloggergede.com) tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion

Kekurangan:
Besarnya biaya pengeluaran iklan, karena iklan dipromosikan melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara.

Kelebihan:
kelebihan iklan ini dapat Memudahkan perusahan dalam mempromosikan produk/jasa mereka dan dapat di prediksi terlebih dahulu. Karena pihak agensi ikut serta membantu strategi pemasaran.

8. Social Advertising
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo.

Analisa
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman.

Kekurangan
Harus mempunyai website untuk memasang iklan atau blog (www.bloggergede.com) lain agar memudahkan proses promosi.

Kelebihan
promosi lebih banyak melalui bentuk iklan ini karena digunakan di media sosial yang banyak digunakan pengguna internet, sehingga memudahkan promosi dan tidak memerlukan biaya yang besar.

9. Video Advertising
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video.

Kekurangan:
kekurangannya tidak banyak orang yang melihat iklan tersebut karena pengguan internet lebih fokus melihat video.

Kelebihan:
Kelebihan dari iklan ini iklannya lebih menarik untuk dilihat oleh pengguna internet karena isinya berbentuk audio visual dan gerakan-gerakan.

10. RSS Advertising
Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising.

Kekurangan:
tidak banyak dilihat oleh semua pengguna internet.

Kelebihan:
Dapat menyesuaikan  penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.

11. Sponsorship.
Bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.

Analisa
Adanya jenis iklan sponsor ini bisa dilihat peluang dari pengelola situs web atau blog (www.bloggergede.com) yang mempunyai trafik rank tinggi sehingga sangat diminati oleh para pembisnis yaitu orang yang ingin mempromosikan iklan produknya di situs tersebut karena melihat banyak pengungjung yang dating ke situs tersebut. Orang yang mengiklankan disebut sponsor yang mendonasikan uangnya kepada orang yang mempunyai situs website tadi.

Kekurangan
biayanya lebih cukup besar, pengerjaan iklan dibutuhkan kreatifitas agar mampu menarik perhatian para pengunjung.

Kelebihan
kelebiahannya sasaran pasarnya lebih banyak dan Lebih efektif, cara yang merupakan tidak terlalu berat dan efisiensi dari waktu.

Itulah penjelasan beberapa Jenis Iklan Di Internet beserta kekurangan dan kelebihannya, jika ada yang kalian ingin tambahkan atau ditanyakan silahkan isi kolom komentar di bawah ini.

Artikel Mengenal Jenis Iklan Di Internet semoga dapat membantu kalian dalam pencarian google.

2 comments:

close
Banner iklan disini